Senin, 18 November 2013

Alasan Pria Gagal Berhenti Merokok


Penyebab gagalnya usaha berhenti merokok
Hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin berhenti merokok.
Pastikan Anda memiliki niat yang baik demi hasil yang baik.
Rokok, salah satu hal beracun yang menjadi favorit banyak pria. Salah satu kekayaan alam Indonesia yang menjadi bumerang bagi masyarakatnya sendiri, karena seperti yang kita lihat, mayoritas pria di Indonesia merupakan perokok aktif. Jenis rokok yang beredar di Indonesia juga sangat beragam. Belum lagi rokok-rokok impor dan juga rokok-rokok tradisional.
Berbagai cara ditempuh oleh para pria yang sadar akan kesehatannya dan mereka-mereka yang berniatan untuk meninggalkan kebiasaan merokok. Ya, sebuah kebiasaan buruk yang sudah mendarah daging dan sulit untuk ditinggalkan.
Rasanya bosan jika membahas bagaimana langkah-langkah berhenti merokok, karena pastinya Anda sudah sering melihat tulisan mengenai hal tersebut. Namun, bagaimana dengan mereka yang sudah pernah mencoba dan akhirnya gagal? Apa alasannya?

Niat

Hal pertama ini memang menjadi salah satu pondasi utama dalam melakukan segala macam hal. Jika kita sudah memiliki niat dan kemauan yang kuat, rasanya tidak ada lagi yang bisa menghalangi hal yang akan kita lakukan. Niat untuk berhenti merokok rasanya sangat mudah sekali untuk diucapkan, tetapi belum tentu untuk hasil akhirnya.
Banyak sekali pria disekitar kita yang berniatan untuk berhenti merokok, tetapi tanpa niat yang kuat. Saya yakin, usahanya dalam berhenti merokok akan mengalami cobaan yang amat sangat besar, karena dia tidak memiliki niat yang kuat.
Cobalah untuk mengurangi rokok terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk berhenti. Kenapa? Itu agar Anda juga terbiasa sedikit demi sedikit. Segala hal tidak ada yang berbau instan, bukan?

Lingkungan

Faktor lingkungan memiliki peran yang tidak kalah penting dalam proses berhenti merokok. Kenapa? Karena lingkungan merupakan pengaruh terbesar dalam kehidupan Anda. Lingkungan pertemanan, lingkungan kerja, maupun lingkungan lainnya. Jika niat baik Anda disambut dengan baik oleh lingkungan Anda, pastinya semua ini akan berjalan dengan sangat lancar.
Tetapi niat dan keadaan akan berubah 180 derajat jika lingkungan Anda tidak mendukung niat baik Anda. Si tangan dan mulut jahil pastinya tidak akan memberikan Anda kesempatan untuk menjadi lebih baik, dan tetap menjejali Anda dengan rokok.
Jika Anda memiliki lingkungan yang mungkin nantinya tidak mendukung Anda akan niat baik Anda ini, sebaiknya Anda menutup diri dahulu sementara waktu. Bukan untuk menjauh dari teman-teman Anda, tetapi demi kelancaran niat Anda.

Usaha

Jika sudah ada niat, pastinya harus ada usaha. Semua hal tidak akan terealisasi tanpa usaha, bahkan doa juga tidak akan terkabul jika tidak ada usaha sama sekali. Ya, usaha Anda amat sangat menentukan di poin ini. Apakah Anda bisa menahan diri atau tidak, itu kembali ke usaha Anda masing-masing.
Nah, salah satu bagian paling sulit yang ada saat Anda ingin berhenti merokok adalah usahanya. Merubah kebiasaan bukan hal yang mudah dan simpel. Pastinya harus melalui proses yang cukup rumit dan memakan waktu untuk merubah sebuah kebiasaan, termasuk kebiasaan merokok.
Pikirkan hal-hal positif yang bisa menjadi pemacu usaha Anda, mungkin berpikir mengenai kesehatan, atau mungkin mengenai uang yang bisa ditabung jika Anda tidak membeli rokok. Rasanya hal-hal seperti itu bisa menolong Anda dan mempermudah usaha Anda dalam menghilangkan kebiasaan merokok Anda.
Nah, jika tiga poin diatas sudah bisa Anda kuasai, rasanya tidak ada hal berat yang perlu Anda khawatirkan. Cukup biasakan diri Anda dan mintalah dukungan orang terdekat Anda seperti orang tua, sahabat, atau pacar untuk membantu Anda dalam merealisasikan niat baik Anda yang satu ini.





source:talkmen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar